9 Tips Menjaga Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

9 Tips Menjaga Laptop Agar Awet dan Tahan Lama



1. Bersihkan Debu yang Hinggap di Laptop
Meskipun ini adalah hal yang sepele, namun bersihkan debu yang hinggap pada laptop bisa membat laptop makin awet.Lantaran bila debu yang hingap di laptop selalu menumpuk dibagian saluran pembuangan hawa bisa mengakibatkan rusaknya yang cukup fatal. Oleh karenanya rajinlah dalam memersihkan laptop dengan cara berkala agar laptop anda awet.

2. Janganlah Meletakkan Benda Cair Di Dekat Laptop
Seluruhnya barang elektronik bakal cepat rusak apabila terserang benda cair. Termasuk juga laptop jika terserang benda cair bakal rusak kronis contohnya yang sering terjadi disekitar kita yaitu secangkir teh yang tidak sengaja tersenggol dan langsung mengenai laptop , itu dapat merusak laptop anda dengan cepat jika tidak segera melakukan penanganan.

3. Jauhi Menggunakan Laptop Sampai Baterai kosong Hingga 0%
Jika terus-terusan mengunakan laptop hingga baterai kosong 0%, tentu hal semacam ini bakal memperpendek usia baterai laptop anda. Jadi jika baterai laptop telah mendekati 10% maka lekas lah charger hingga 100%.

4. Janganlah Memakai Laptop Jika Sedang Dicharger
Nah, ini sangat disarankan sekali kepada anda yang sering menggunakan laptop jika sedang dicharger . jika anda sering menggunakan laptop yang sedang dicharger maka laptop anda tidak akan awet karena laptop akan berkegantungan pada charger tersebut jadi jika anda melepas charger laptop maka laptop tersebut akan ikut mati.

5. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game
Kebiasaan buruk inilah yang sering dilakukan oleh pemilik laptop yang sangat suka gaming atau gamer. Menggunakan laptop untuk bermain game dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam  laptop mengalami overheat. Selain itu, kebiasaan buruk tersebut salah satu penyebab baterai laptop anda bocor. Dan mudah  mengalami baterai low.

6. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari
Hindari kontak langsung antara laptop  anda dengan sinar matahari. Dikarenakan beberapa komponen laptop rentan mengalami kerusakan jika terkena sinar matahari secara langsung.

7. Jangan Sembarangan Mengunduh Software (aplikasi) dari Internet
Mengunduh software/aplikasi sembarangan dari internet  dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop anda .Saya sarankan untuk  mengeck aplikasi tersebut apakah mempunyai banyak virus atau tidak atau anda dapat menginstal antivirus.

8. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama
Laptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Gunakan laptop seperlunya saja,  jika tidak digunakan sebaiknya anda matikan laptop anda. Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan fakto penyebab laptop anda  mengalami overheat.

9. Perhatikanlah Suhu Laptop
Jika ingin laptop anda awet dan tahan lama , anda juga harus memperhatikan suhu laptop anda. Tanpa sengaja kita perhatikan laptop yang sering digunakan akan panas maka dari itu  agar laptop anda awet perhatikanlah suhunya. Karena itu juga sangat berpengaruh pada komponen laptop anda tersebut.

Semoga Bermanfaat ^_^ ^_^.
Previous
Next Post »
0 Komentar